KAIN NISAN PRABU ANGLINGKUSUMO GIRIKUSUMO DIGANTI

Agama Budaya

POSWARTA.COM, Demak– Setiap akhir Sya’ban jelang memasuki bulan Suci Romadlon, masyarakat Girikusumo Banyumeneng Mranggen Demak melakukan penggantian kain nisan makam Prabu Anglingkusumo dengan sebuah upacara adat. Tidak hanya dari tokoh setempat, namun dari pejabat eksekutif Kabupaten bahkan nasional senantiasa berhidmah untuk mengikuti serangkaian acara di Girikusumo.

Tahun 2024 ini dilaksanakan pada hari Selasa, 5 Maret 2024. Prosesi penggantian kain dilakukan oleh Gus Nabil Munif, Gus Najib, Gus Hanif Maimun, Gus Yahya, Gus Munhamir Masrur dan beberapa tokoh pemuka agama yg tergabung dalam tokoh adat Girikesumo, diantaranya KH Munhamir Malik selaku Ketua Dewan Adat Girikusumo (DAG). Tampak hadir dan mengikuti prosesi penggantian kain anggota DPRD Kabupaten Demak dari fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), H. Ulin Nuha yang akrab disapa dengan Gus Ulin.

Sebelum prosesi upacara penggantian kain nisan tersebut dilakukan pembacaan tahlil yang dipimpin oleh H. Shohib Irfan dan ditutup dengan do’a.

Selama prosesi penggantian kain nisan diiringi bacaan solawat secara hikmat oleh peserta dengan berdiri. (Kholid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *