Karang Taruna Perkasa Memprakarsai Takbir Keliling di Kampung Karangan

Uncategorized

KREASI MINIATUR MASJID KARANG TARUNA PERKASA.(poto: rizal)

POSWARTA.COM, Demak – Takbir keliling merupakan tradisi umat Islam di Indonesia yang dilakukan pada malam hari pada malam satu Syawal menjelang perayaan Idul Fitri, setelah melaksanakan ibadah puasa pada bulan Romadlon atau pada malam Idul Adha, merayakan hari raya kurban.

Tradisi ini dilakukan dengan cara mengumandangkan takbir sambil berjalan dengan menggunakan pengeras suara, secara bersama-sama dengan berjalan kaki menelusi berbagai wilayah lingkungan kampung mereka. Bacaan takbir, tahmid, yang biasanya dibaca adalah dengan mengucapkan :
اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ لَا إلٰهَ إِلَّا اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ وَلِلّٰهِ الْحَمْدُ
اللهُ أَكْبَرُ كَبِيْرًا وَالحَمْدُ لِلّٰهِ كَثِـيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلًا لَا إلٰهَ إِلَّا اللهُ وَلَا نَعْبُدُ إِلَّا إِيَّاهُ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ وَلَوْ كَرِهَ الكَافِرُوْنَ، لَا إلٰهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ صَدَقَ وَعْدَهُ وَنَصَرَ عَبْدَهُ وَأَعَزَّ جُنْدَهُ وَهَزَمَ الأَحْزَابَ وَحْدَهُ، لَا إلٰهَ إِلَّا اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ وَلِلّٰهِ الْحَمْدُ

MINIATUR BEDUG, KREASI DARI JAMAAH MUSHOLA AL LATHIF (zay)

Seperti umat muslim di dukuh Karangan dan kampung lainnya di desa Banyumeneng kecamatan Mranggen kabupaten Demak. Mereka berjalan kaki sepanjang 3-5 km menyuarakan takbir sesuai rombongannya masing- masing dari lingkungan mushola-mushola, masjid dengan alat-alat musik, dan kreatifitas berbagai miniatur masjid, bedug, ada juga yang membuat berbagai kreasi lain seperti mushaf Alquran, hewan gajah, kuda, dan lainnya.

MUSHAF ALQURAN, KREASI WARGA (POTO:Koerun)

Kegiatan tersebut diakhiri dengan pembagian hadiah kepada semua mushola yang ada dan kepada para peserta.
Pengurus Karang Taruna Perkasa Ariel Esa Putra saat dihubungi menginformasikan bahwa kegiatan tersebut berlangsung setiap tahun.

MINIATUR MASJID DARI JAMAAH WARGA.(zay)

“kegiatan takbir keliling merayakan kemenangan dan menyambut idul fitri ini berlangsung setiap tahun atas dukungan masyarakat. Kami harapkan kedepannya agar lebih meriah lagi, para pemuda, dan warga masyarakat bersatu padu sebagai upaya mensyiarkan islam dan merubah image masyarakat yang selama ini kurang baik khususnya kepada para pemuda. Kami mengajak kepada para pemuda tanpa kecuali bahwa kita sebenarnya sama diantara yang satu dan yang lainnya, mari kita tunjukkan bahwa kita bisa menjadi generasi yang baik,” jelas Ariel yang didampingi ketua Perkasa Rizal. (naura)

KREASI JAMAAH MASJID BESAR BAITURROHIM BANYUMENENG.(zay)
SEBELUM DIMULAI TAKBIR KELILING DIAWALI MENYULUT OBOR, TANDA DOSA TELAH DIBAKAR PADA BULAN ROMADLON

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *