Pelatihan Manajemen Kelembagaan Petani

Uncategorized

poswarta.com – Muhzay

Demak, Selama dua hari para petani yang tergabung di kelompok tani, kabupaten Demak mengikuti Pelatihan Manajemen Kelembagaan Petani yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian dan Perkebunan Propinsi Jawa Tengah pada 24-25 April 2024 di Renz Cafe Demak.

Panitia kegiatan dari Dinpertan dan Perkebunan Propinsi Jawa Tengah, Sinta Widayani dalam kata sambutan pembukaan menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan memakai dana dari Dana Bagi Hasil Cukai dan Hasil Tembakau (DBHCHT) Propinsi Jawa Tengah. Adanya kegiatan tersebut diharapkan para anggota bisa aktif di kelompok tani, mandiri, berbudidaya dan meningkatkan pendapatan petani.

Kegiatan yang dijadwalkan dua hari tersebut diikuti anggota kelompok tani dari 3 kecamatan di kabupaten Demak yang merupakan wilayah petani tembakau, yaitu kecamatan Mranggen, Karangawen, dan Guntur yang dikenal dengan tembakau Mranggenan.

Pada tahun 2024 luas area lahan pertanian tembakau kabupaten Demak menarjetkan 2500 ha, dengan lokasi tanam di wilayah kecamatan Mranggen, Karangawen, dan Guntur, varietas cerupung, dengan sasaran 161 kelompok tani, 5.538 KK yang tersebar di 38 desa.

Hadir dalam kegiatan pelatihan manajemen kelembagaan petani yang ke 17 adalah bapak Agus Heri Subagyo yang sekaligus mewakili Kepala Dinas Pertanian dan Pangan kabupaten Demak. (muhzay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *