Pemdes Ngaluran Gelar Wayang Kulit dan Kethoprak

Uncategorized

poswarta.com – Munikmah

Pentas kethoprak Wahyu Budoyo pada acara sedekah bumi di desa Ngaluran. (pt. Sri)

Demak, Pemerintah Desa Ngaluran, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak pada Sabtu (11/05/2024) selenggarakan kegiatan sedekah bumi.
Kegiatan yang tepatnya dilaksanakan di rumah Bapak Saeful Khorip RT 4/ RW 6 dengan kegiatan pagelaran wayang kulit.
Kepala desa Ngaluran, Siti Khudsiyah saat ditemui menyampaikan bahwa kegiatan apitan dilaksanakan setiap tahun.
“Kegiatan sedekah bumi diagendakan setiap tahun dan berpindah-pindah dari dusun yang satu ke dusun yang lain,” jelas kepala desa Siti Khudsiyah.

Kepala desa Siti Khudsiyah hadir bersama para perangkat desa Ngaluran, ketua RW, RT, dan Tokoh masyarakat, serta warga masyarakat juga hadir memeriahkan kegiatan tersebut.
Tidak hanya kesenian wayang kulit, kegiatan sedekah bumi di desa Ngaluran juga menggelar kesenian kethoprak Wahyu Budoyo.

Sumber dana kegiatan tersebut diambilkan dari Dana Desa (DD) TA 2024 sebesar Rp 45.000.000,-. “Dana Empat Puluh Lima Juta Rupiah yang bersumber dari Dana Desa digunakan untuk menggelar kesebian wayang kulit, dan kethoprak,” jelas Siti Khudsiyah saat ditemui poswarta.com.

Sinden Sugianti, salah satu dari sebelas sinden yang turut memeriahkan pagelaran wayang kulit di desa Ngaluran. (pt. Munikmah)

Sebagai dalang dalam pementasan wayang kulit yang digelar pada siang hari itu adalah Ki Agus Endro Semara dari Kudus. Kepala Desa Siti Khudsiyah menambahkan bahwa tahun depan direncanakan akan dilaksanakan di dusun Kalitekuk, di rumah perangkat desa yang betnama Ishab.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *