Petani Jawa Tengah Ikuti Pelatihan pembuatan pupuk organik, pestisida nabati dan budidaya tanaman tembakau di BAPELTAN JATENG

Uncategorized

Bertempat di BAPELTAN Propinsi Jawa Tengah jl. Raya Magelang – Semarang Km 12,8 Soropadan Pringsurat Temanggung, diselenggarakan kegiatan pelatihan pembuatan pupuk organik, pestisida nabati dan budidaya tanaman tembakau.

sebanyak 150 petani dari berbagai daerah di propinsi jawa tengah : Batang, Blora, Demak, Kendal, Purbalingga, Cilacap, dan daerah lainnya di jawa Tengah. Peserta dibagi dibagi menjadi 3 kelas pupuk organik dan pesnab angkatan XVI, XVII,XVIII, dan 2 kelas tembakau. Masing-masing kelas terdiri dari 30 peserta.

tidak hanya menerima pembelajaran di dalam kelas, mereka juga diajak ke lapangan mempraktekkan pembuatan pupuk organik dan pestisida nabati.

Tujuan diadakannya pelatihan tersebut adalah agar peserta mampu melakukan pembuatan pupuk organik dan pestisida nabati, mampu mengembangkan usaha dan memeprluas kesadaran berbudidaya pertanian organik, mampu penerapan teknologi pertanian organik di lokasi masing-masing, dan mampu memecahkan permasalahan budidaya dari hulu sampai ke hilir.

materi yang didalami dalam pelatihan yang berlangsung sejak 27-30 Nopember 2023 meliputi : Pertanian Ramah Lingkungan, Pengelolaan Kesuburan Tanah, Agensia Hayati, Pesnab, ZPT Alami, Pupuk Organik Padat dan Cair, Pertanian Organik Terpadu, dan Sertifikasi Organik.

Kegiatan tersebut berdasar pada Peraturan Gubernur Jawa Tengah No 26 tahun 2018 tentang Oganisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana TeknisPada Dinas Pertanian dan Perkebunan Propinsi Jawa Tengah, Peraturan Gubernur Jawa Tengah No 55 tahun 2019 tentang Perencanaan Perlindungan dan Pemberdayaan Petani Propinsi Jawa Tengah, Rencana Strategi Dinas Pertanian dan Perkebunan Propinsi Jawa Tengah Tahun 2018-2023,Keputusan Kepala Balai Pertanian Jawa Tengah No 91 Tahun 2023 tanggal 9 Januari 2023 tentang Penyelenggaraan Kegiatan Tahun 2023, Keputusan Kepala Balai Pertanian No 21 Tahun 2024 tanggal 19 April 2023 tentang Penyelenggaraan Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik dan Pestisida Nabati Tahun 2023

kegiatan pelatihan ditutup oleh Kepala Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Distanbun Provinsi Jateng Opik Mahendra, ditandai dengan pelepasan tanda peserta yang didampingi para instruktur, dan acara diakhiri dengan menyanyikan lagu padamu negeri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *